burung merpati cute

Rabu, 18 Desember 2013

Laporan Praktikum Pembelahan Sel Periode Mitosis



geseran denagn sitoplasma di sekitarnya menghalangi geraknya menujukutub (Kimball,1983).TelofaseTelofase kira-kira merupakan kebalikan dari profase. Begitu sampaike kutub maka kromosom mulai membuka gulungannya. Nukleus timbulkembali, membran nuklir mulai membentuk sekitar kromosom. Akhirnyastruktur yang disebut lempengan sel muncul di ekuator (Kimball,1983).InterfasePada fase interfase ADN telah berlipat dua dan tiap kromosommembelah memanjang menjadi dua bagian yang masing-masing masihterikat oleh sebuah sentromer bersamaaan. Belahan kromosom ini disebutkromatid (Suryo, 1997).4.2.2 Hasil PengamatanDari percobaan yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa padasaat interfase DNA tidak melilitkan dirinya dan tidak terlihat denganmikroskop sebagai kromosom. Pada fase profase, kromosom-kromosommenebal, mula-mula sebagai benang tipis. Di profase akhir, sebuahkromosom menjadi lebih jelas dilihat dengan mikroskop. Saat metaphase,serabu-serabut kromosom bergerak ke bidang bagian tengah sel. Selamaanaphase, kromatid memisah di bagian sentromer dan tertarik kekutub-kutubyang berlawanan. Pada telofase, masing-masing dari kromatid yangmemisah berkumpul pada dua kutub sel, pembelahan tampak memotonggaris tengah sel memanjang sampai awal memisah menjadi dua sel.4.2.3 Faktor KesalahanDalam praktikum pembelahan sel periode mitosis telah terjadi beberapakesalahan, yaitu:
-

Pada saat melakukan metode squash , penekanan pada kaca preparatdapat terjadi terlalu kuat sehingga merusak komponen sel yang telah
 
lunak. Maka sebaiknya pada saat melakukan metode squash dengan hati-hati.
-

Waktu memotong ujung akar. Pada waktu memotong ujung akarsebaiknya pada pukul 08.00 s/d 11.00 karena pada waktu tersebutmerupakan waktu yang baik untuk mengamati proses pembelahan mitosispada ujung akar bawang bombai dikarenakan sel-sel meristem ujung akarpaling aktif membelah pada saat itu.
-

Proses pengecambahan bawang bombai. Sebaiknya para praktikanmemeriksa keadaan bawang yang telah ditaruh di atas gelas air mineralsetiap dua hari sekali agar pada saat praktikum sudah ada akar yang siapdiamati.
 
BAB VPENUTUP5.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh dari praktikum ini yaitu sebagai berikut :
-

Tahap-tahap pembelahan pada tanaman bawang bombai (
 Allium
sp.)berlangsung melalui beberapa fase yaitu profase, metaphase, anaphase,dan telofase. Selain itu ada pula interfase, yang merupakan fase antaramitosis satu dengan mitosis berikutnya
-

Mitosis adalah peristiwa pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel somatic(sel tubuh) dan sangat aktif pada jaringan meristem, yang menghasilkandua sel anakan memiliki genotype yang sama dan identik dengan selinduknya.
-

Fungsi dari larutan asam klorida (HCl) 1 N adalah untuk melunakkan jaringan ujung akar yang akan diamati. Sedangkan aceto-orcein 2%untuk memberikan warna yang berbeda dan agar kromosom yang diamatiakan terlihat lebih jelas.
5.2 Saran
Sebaiknya praktikum pembelahan periode mitosis dilakukan padapagi hari, sekitar 10.00 pagi. Agar dapat terlihat proses pembelahan dari akarbawang bombai (
 Allium
sp.). tapi pada umumnya praktikum ini belumberjalan dengan baik karena kurangnya bahan pengamatan.
Description: http://htmlimg1.scribdassets.com/gskkanzwg1jtceq/images/20-0974507f92.jpg
 
DAFTAR PUSTAKA
Asih, Yasmin. 1996.
 Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia dan Sistem Reproduksi Manusia
. EGC: JakartaCampbell, Neel A. 2002.
 Biologi Edisi Kelima Jilid 1
. Erlangga: JakartaElrot, Susan, Stansfield William. 2007.
Genetika Edisi keempat 
. Erlangga: JakartaJuwono, Achmad, Zulfa Juniarto. 2000.
 Biologi Sel
: EGC: JakartaKimball, J W. 1983.
 Biologi Jilid 1 Edisi Kelima
. Erlangga: JakartaSuryo. 1987.
Genetika Manusia
. Gajah Mada University Press: Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar